Senin, 14 Oktober 2019

KISAH HEROIK KHALIFAH AL-MU'TASHIM BILLAH MENYELAMATKAN MUSLIMAH YANG DIZHALIMI KAFIR HARBI



Adalah Khalifah al-Mu'tashim biLlah (218-228 H/833-842 M) di Masa Khilafah ‘Abbasiyyah, ketika diseru seorang muslimah yang dizhalimi para begundal Romawi di Kota Amuriyyah, Romawi, dengan seruan:

وا معتصماه
Wahai Khalifah al-Mu'tashim! 

Yang kemudian gagah dijawab oleh Sang Khalifah:

لبيك! لبيك! يا أختاه

Bukan sekedar omong kosong tanpa bukti, lips service, sang Khalifah bergegas mengirimkan bala tentara yang disebut-sebut para ulama, dengan jumlah pasukan dan persenjataan yang tidak pernah tertandingi di masa sebelumnya, heroik!

Dalam ilmu bahasa arab, kalimat "وا معتصماه" yang diungkapkan muslimah tersebut, merupakan kalimat seruan (nida') yang mengandung nudbah (ungkapan penderitaan)! Menggunakan huruf nida' "وا" yang merupakan seruan (nida') penderitaan seseorang. Hingga relevan dijawab oleh Sang Khalifah dengan jawaban yang dikenang dalam sejarah umat manusia, kepahlawanan!

Kota Amuriyah pun dikepung dan ditaklukkan!

Kita merindukan masa Khilafah, masa dimana penguasa bersikap sebagaimana petuah yang mulia baginda Rasulullah ﷺ. Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Nabi ﷺ bersabda:

«إِنَّمَا الْإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَيُتَّقَى بِهِ»
“Sesungguhnya al-imam (khalifah) itu perisai, dimana (orang-orang) akan berperang mendukungnya dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan) nya.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, Ahmad)

AL-'IZZAH! AL-'IZZAH! AL-'IZZAH YA IKHWAH! AL-KHILAFAH!

Kajian Terkait: 

وامعتصماه...وامعتصماه | قصص من التاريخ الإسلامى
https://bit.ly/2nfh1vO

==========
Oleh: 
Irfan Abu Naveed
Dosen Fikih Siyasah/Bahasa Arab
Previous Post
Next Post

Man 'Arofa Nafsihi 'Arofa Robbuhu | #IslamSelamatkanNegeri

0 komentar: